Saturday, July 5, 2014

ELSID MEMPREDIKSI PRABOWO HATTA MENANG DI JAWA BARAT

Prediksi mengenai pasangan capres yang akan unggul di Jawa Barat terus mengemuka. Lembaga Studi Demokrasi Indonesia (elSid), memprediksi pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa akan mendulang suara terbanyak di Jawa Barat dibandingkan dengan pasangan nomor urut 2, Joko Widodo-Jusuf Kalla.
Koordinator elSid, Darwin Siddiq mengatakan, pihaknya telah mengkaji kedua pasangan capres dan cawapres tersebut. Dari hasil kajiannya tersebut, muncul kesimpulan pasangan Prabowo-Hatta akan memenangkan perolehan suara di Jawa Barat dengan angka 55-60 persen.
"Sedangkan pasangan nomor urut 2, Joko Widodo-Jusuf Kalla, kami prediksikan akan memperoleh suara di Jawa Barat sebesar 35-48 persen," ujarnya kepada wartawan dalam jumpa pers, Kamis (3/7) malam.
Menurutnya, prediksi kemenangan yang akan diraih Prabowo-Hatta ini berdasarkan banyaknya dukungan partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih. Seperti diketahui, ada tujuh parpol yang memberikan dukungan kepada capres nomor urut 1 ini meliputi Gerindra, PAN, PPP, PKS, Golkar, PBB, dan Partai Demokrat.
"Selain itu juga, banyak kepala daerah di Jawa Barat yang berasal dari partai pendukung Prabowo-Hatta. Termasuk juga Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar yang menjadi tim sukses Prabowo-Hatta," ungkapnya.
Lebih besar
Dijelaskannya, raihan suara dari tujuh parpol pendukung Prabowo-Hatta pada pileg lalu akan lebih besar dibandingkan dengan lima parpol pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla, yakni PDIP, Nasdem, PKB, Hanura, dan PKPI.
"Dan hasil pileg lalu itu, tidak akan berbeda. Dalam artian, para pemilih partai di pileg lalu akan tetap loyal dan patuh terhadap pilihan yang telah dijatuhkan parpol untuk pilpres ini," terang Darwin.
Di tempat yang sama, peneliti elSid, Tatang Rustandi menyatakan, Prabowo-Hatta juga memiliki kedekatan emosional dengan Jawa Barat. Mereka berdua pernah berkiprah di Jawa Barat dan hal tersebut menjadi sebuah keuntungan bagi pasangan nomor urut 1 ini.
"Sedangkan pasangan nomor urut 2, dinilai tidak dekat dengan warga Jawa Barat. Dengan banyaknya ormas di Jawa Barat, kemungkinan akan netral. Namun adanya kedekatan emosional ini menjadi keuntungan bagi Prabowo-Hatta untuk menarik simpati warga Jawa Barat," tambahnya.
Selain itu, para pemilih pemula di Jawa Barat sangat banyak dan menjadi peluang untuk ditindaklanjuti. Berdasarkan kajian dari eLSid, pemilih pemula di Jawa Barat sangat menggandrungi pemimpin yang tegas.
"Dengan kondisi tersebut, maka Prabowo-Hatta kami prediksikan akan mendapatkan dukungan dari pemilih pemula di Jawa Barat," tandasnya

No comments:

Post a Comment